Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Dinas Pendidikan Kota Kupang Gelar Perlombaan Karya Tulis bagi Peserta Didik Jenjang SD/MI se-Kota Kupang

Dokumentasi kegiatan.


Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang menggelar kegiatan “Perlombaan Penulisan Karya Tulis Antarpelajar SD/MI se-Kota Kupang Tahun 2024” selama 2 hari, yakni Jumat-Sabtu (19-20/7/2024), di Hotel Neo, Kota Kupang. Kegiatan tersebut diikuti oleh 135 peserta didik yang merupakan perwakilan dari SD/MI yang berada di Kota Kupang.

 

Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar, Okto Naitboho, dalam arahannya, mengatakan bahwa penyelenggaraan kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya penguatan aspek literasi di kalangan peserta didik. Hal itu, tambahnya, berguna untuk mendukung peningkatan mutu pendidikan di Kota Kupang.

 

Selain itu, Okto menambahkan, melalui perlombaan tersebut, para peserta didik bisa menumbuhkan minat membaca dan menulis sejak dini.



“Perlombaan ini merupakan bagian dari upaya kita untuk meningkatkan aspek literasi, sekaligus menumbuhkan minat membaca dan menulis di kalangan peserta didik sejak dini. Hal ini berguna untuk mendukung peningkatan mutu pendidikan kita,” ungkapnya, Jumat (19/7/2024), saat membuka kegiatan secara resmi.

 

Sementara itu, Duta Baca Indonesia, Heri Hendrayana Harris atau yang kerap disapa “Gol A Gong”, menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya perlombaan menulis tersebut. Menurutnya, anak-anak didik sudah seharusnya dibiasakan membaca dan menulis sejak dini.



“Kegiatan ini sangat positif. Saya berharap, adik-adik bisa bersemangat terus untuk membaca dan menulis,” ujarnya di hadapan para peserta lomba melalui sambungan Google Meeting.

 

Pantauan media, kegiatan tersebut dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama berupa kegiatan menulis berlangsung pada Jumat, 19 Juli 2024. Pada sesi ini, para peserta disuguhkan video terkait persoalan sampah. Setelah itu, mereka diarahkan untuk membuat tulisan kreatif berdasarkan tontonan video tersebut. Nantinya, hasil karya tulis tersebut akan dinilai dan diseleksi oleh tim juri.



Sedangkan, sesi kedua akan berlangsung pada Sabtu, 20 Juli 2024. Pada sesi ini, para peserta yang dinyatakan lolos pada sesi pertama diwajibkan untuk mempresentasikan hasil karya tulisnya di depan tim juri. (MDj/red)


Post a Comment

0 Comments