Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

UNWIRA KUPANG

Kelompok Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 7 Dukung Penguatan Literasi di SD Inpres Fatufeto 1 Kota Kupang

Para mahasiswa bersama kelompok peserta didik berpose bersama usai menjalani salah satu program penguatan literasi.


Kota Kupang, CAKRAWALANTT.COM - Kelompok Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 7 Tahun 2024 turut mendukung upaya penguatan literasi di Sekolah Dasar (SD) Inpres Fatufeto 1 Kota Kupang. Dukungan tersebut terjabarkan dalam beberapa program kerja yang mencakup penguatan literasi, numerasi, dan adaptasi teknologi yang menjadi prioritas dalam kegiatan praktik dari kelompok mahasiswa yang terdiri dari lima (5) orang tersebut.

 

Kelimanya adalah Bhaity Dinda Jannaty, Riasnawati Nasrun, Angeline Arnoldus, Sendi Karolina Adelia Toto, dan Djuan Rubenzo Mafo. Para mahasiswa ini berasal dari empat kampus yang berbeda, yakni Universitas Karyadarma, Universitas Muhammadiyah Kupang, Universitas Nusa Cendana, dan Universitas Citra Bangsa. Mereka berhasil menyelesaikan masa praktik Kampus Mengajar di SD Inpres Fatufeto 1 Kota Kupang selama 4 bulan lamanya.



Penguatan literasi menjadi salah satu program yang dijalankan oleh para mahasiswa. Literasi sendiri merupakan bagian penting dalam penilaian rapor pendidikan sebagaimana ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Penilaian dan pencapaian terhadap rapor pendidikan akan berdampak pada peningkatan mutu pendidikan. Oleh sebab itu, penguatan literasi turut menjadi perhatian khusus bagi para pendidik dan pimpinan lembaga pendidikan.

 

Dalam pemaparan program kerja, Bhaity Dinda Jannaty, selaku ketua kelompok, menerangkan bahwa literasi, terutama kegiatan membaca dan menulis, sangat penting di kalangan peserta didik jenjang pendidikan dasar. Untuk itu, ia bersama rekan-rekannya mengembangkan beberapa program, seperti literasi membaca, detektif literasi, cerita bergambar, me-review cerita pendek, mading kita, dan pengembangan karakter.



“Kita berusaha melatih dan membiasakan peserta didik untuk membaca dan menulis sebagai bagian dari penguatan literasi ini,” ujarnya di hadapan kepala sekolah, guru, dan dosen pendamping, Kamis (13/6/2024).

 

Program penguatan literasi yang dikembangkan oleh para mahasiswa bisa menyentuh banyak hal, seperti pengenalan huruf, pembiasaan membaca, pemahaman isi bacaan, berdiskusi, hingga pelatihan menulis karya. Semua itu selaras dengan definisi literasi yang sejatinya merupakan kemampuan melihat situasi/fenomena, menganalisis akar persoalan, serta memecahkan persoalan secara kreatif dan inovatif.



Di samping itu, program penguatan literasi tersebut juga dipadukan dengan permainan menarik yang bisa merangsang keingintahuan peserta didik untuk belajar. Salah satunya melalui detektif literasi, di mana peserta didik akan berpetualang untuk mencari gambar-gambar atau soal-soal yang harus dikerjakan secara bersama-sama.

 

“Program ini dapat ditindaklanjuti, sebab dengan cara ini, peserta didik merasa senang dan bisa cepat tanggap. Minat mereka juga meningkat dengan metode pengajaran seperti ini. Namun, pelaksanaannya tetap disertai dengan pengawasan dan koordinasi,” jelas Bhaity Dinda Jannaty.



Selain itu, kelompok mahasiswa ini juga melakukan penataan perpustakaan, membuat pojok baca, dan pohon cita-cita. Pohon cita-cita terbilang unik, sebab dapat mendorong setiap peserta didik untuk memiliki visi masa depan sekaligus memotivasi mereka untuk belajar dan berusaha lebih keras guna mencapai cita-cita tersebut.

 

Program-program tersebut mendapatkan apresiasi dari Kepala SD Inpres Fatufeto 1 Kota Kupang, Jusuf Rafael Djami. Menurutnya, para mahasiswa telah memberikan kontribusi yang positif bagi proses pendidikan di sekolah tersebut.


Para mahasiswa berpose bersama Kepala SD Inpres Fatufeto 1 Kota Kupang, dosen pendamping, dan beberapa guru.

“Terima kasih karena sudah membantu kami serta mendukung proses pendidikan di sini dengan berbagai program kerja,” ungkapnya kegiatan menutup kegiatan Kampus Mengajar Angkatan 7 Tahun 2024 di sekolah tersebut.

 

Untuk diketahui, selain penguatan literasi, kelompok mahasiswa tersebut juga mendukung upaya penguatan numerasi, adaptasi teknologi, dan pengembangan karakter di SD Inpres Fatufeto 1 Kota Kupang. (MDj/red)


Post a Comment

0 Comments